Tuesday, November 4, 2014

Donat & Roti Labu kuning





Ceritanya nih masih ada stok labu kkuning sisa membuat bubur manado & puding. Bingung mau dibuat apa lagi...antara talam & donat/roti. Akhirnya pilihan jatuh pada donat. Sekalian aku juga pengen menaklukkan si ragi ini. Karena sudah 5x membuat donat/roti hasilnya selalu mengecewakan. Adonan tidak mau mengembang & hasilnya keras (bantat). Unttuk resep asli aku ambil dari dapurnya mb hesti yang aslinya pakai ubi ungu. Kali ini ubi ungu aku ganti dengan labu kuning. 

Labu kuning (masih dengan kulitnya) dikukus, setelah matang kerok dengan sendok. Ternyata eh ternyata,,,,hasil keroan labu kuningku tidak pas dengan resep aslinya. Akhirnya takaran tepungnya aku pakai feeling. Bila adonan masih lengket,,aku tambah tepung. Uleni sampai elastis, halus, lentur.
Berikut resep aslinya ^^


Bahan :

  • 350 gr tepung protein tinggi
  • 100 gr tepung protein rendah
  • 200 gr ubu ungu kukus, haluskan
  • 10 gr ragi instan
  • 2 kuning telur 
  • 75 gr susu bubuk
  • 75 gr gula pasir
  • 200 ml air hangat
  • 60 gr margarin
  • 1 sdt garam
Olesan:
  • 1 kuning telur
  • 3 tetes susu cair
Cara Membuat :
  1. Masukkan ragi dalam air hangat, biarkan selama 15 menit sampai berbusa
  2. Dalam mixer roti,,masukkan tepung terigu, ubi halus, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan kuning telur & air ragi. Mulai nyalakan mixer. Proses sampai kalis. Masukkan garam & margarin. Mixer sampai adonan elastis, sudah halus & lentur
  3. Tutup dengan kain lembab, fermentasikan selama 45 menit
  4. Kempiskan adonan, timbang 30 gr, lalu beri isian. Bentuk sesuai selera. Oles dengan bahan olesan. Panggang selama 12-15 menit suhu 200 C
  5. Angkat, olesi dengan butter
Dalam pembuatan donat & roti labu kuning ini aku tidak 100% plek sama dengan mb hesti :

  1. Ragi tidak aku campur dengan air hangat => semua bahan kering (tepung, labu, susu, gula pasir) aku campur. Aduk rata
  2. Setelah itu masukkan kuning telur & air. Mulai nyalakan mixer. Proses sampai kalis
  3. Masukkan garam & margarin. Uleni manual pakai tangan, karena kalau pakai mixer adonan lengket semua ^^ 
Dalam tahap ketiga inilah yang menurutku tahap yang paling menentukan berhasil tidaknya suatu roti/donat. Adonan harus benar-benar halus,lentur & elastis. Ciri adonan halus,lentur, elastis adalah apabila adonan ditarik tidak akan putus.  Alhamdulillah kemarin aku berhasil membuat adonan yang seperti itu. Mungkin itulah kunci keberhasilannya selain ragi yang masih aktif ^^

                            Penampakan roti labu kuning. Isiannya pakai DCC & keju quickmelt

Tags: , , ,

0 Responses to “Donat & Roti Labu kuning”

Post a Comment

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Coretan Tangan Ummu Raihan. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks